Daring dan Self Healing

Dok. Ist


Pandemi covid-19 yang masih berlangsung di Indonesia sejak Maret 2020 hingga sekarang, membuat segala jenis aktifitas yang menimbulkan kerumunan dan berpotensi meningkatkan angka kenaikan kasus harus dihentikan. Tak terkecuali dengan kegiatan belajar mengajar yang harus dilakukan dengan sistem online (Daring).


Lantas apa dampak yang akan terjadi jika pembelajaran terus dilakukan secara online?, berdasarkan riset yang dilakukan oleh Institut Teknologi Kesehatan Bali kepada 110 mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Indonesia, Hasil penelitian menunjukkan 94 mahasiswa antaranya mengalami stres (85,5%) dengan berbagai macam tingkatan (stres ringan, stres sedang, dan stres berat) dan 16 mahasiswa di antaranya tidak mengalami stres (14,5%).


Dilansir dari Jurnal Keperawatan Jiwa Unimus, Perubahan metode pembelajaran menjadi salah satu faktor pencetus perubahan psikologis, salah satunya yaitu kecemasan. Kecemasan mampu mempengaruhi hasil belajar mahasiswa, karena cenderung menghasilkan kebingungan dan distorsi persepsi. Cemas yang berkepanjangan dan terjadi secara terus-menerus dapat menyebabkan stres yang mengganggu aktivitas sehari-hari.


Meningkatkan Self Healing


Dari berbagai riset mengenai dampak pembelajaran online terhadap kesehatan mental tersebut, belakangan sering muncul istilah Self Healing. Self Healing sendiri merupakan suatu bentuk pengombatan/penyembuhan lewat individu masing-masing.


Dilansir dari Detik.com (20/1/15), Manusia memiliki kemampuan menyembuhkan dirinya sendiri melalui serangkaian Latihan praktis yang melibatkan keselarasan dan keseimbangan badan, pikiran dan batin.


BACA JUGA: New World in Digitalization Era


Menurut Reza Gunawan Praktisi Kesehatan Holistis, self healing ditujukan sebagai tindakan preventif atau pencegahan sebelum datangnya suatu penyakit. Namun demikian, saat seseorang sakit, teknik self healing tetap bisa dilakukan sembari melakukan pengobatan medis.


Semasa pandemi, metode self healing belakangan mulai sering diterapkan di beberapa sekolah dan kampus dalam bentuk penyediaan layanan konsultasi Kesehatan fisik dan mental maupun acara webinar sebagai sarana meminimalisir tekanan saat pembelajaran daring.


Tak hanya itu, keberadaan komunitas yang peduli terhadap Kesehatan mental mulai banyak bermunculan, terlebih di masa pandemi seperti saat ini. Self Healing menjadi salah satu dari banyak metode yang mampu membuat seseorang berani berbicara kepada dirinya sendiri.

 Oleh: Awaliyah

Mahasantri 2019

 

           

Lebih baru Lebih lama