Pelatihan Metodologi Penelitian Pondok Pesantren Bina Insani Semarang

Semarang, 03/02/22    

        Pondok Pesantren Bina Insani Semarang menyelenggarakan “Pelatihan Metodologi Penelitian” untuk para mahasantri. Acara ini diikuti oleh seluruh mahasantri putra dan putri Ponpes Bina Insani Semarang. Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari para peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).    

         Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan riset para santri. Kemampuan riset sangat dibutuhkan oleh para santri. Dalam Islam, kedudukan ilmu sangat penting. Allah akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu beberapa derajat (QS Al-Mujadalah:11). Sayyidina Ali mengatakan “ikatlah ilmu dengan menulis”.    

         Pelatihan ini dilaksanakan setiap hari selasa sampai kamis, pukul 09.00 WIB – 12.00 WIB selama bulan Januari sampai Februari 2022. Pelatihan ini merupakan kerja sama antara Pengasuh PP Bina Insani Semarang dengan para peneliti di lingkungan Badan Riset dan Inovasi RIN Klaster Riset Agama (Semarang).    

         Pelatihan metodologi penelitian ini menyuguhkan tiga materi pokok yaitu metode penelitian kuantitatif, metode penelitian kualitatif dan teknik penulisan opini di media massa. Target penelitian ini agar para mahasantri memiliki kompetensi dalam membuat tulisan, baik untuk kepentingan tugas kuliah (makalah, skripsi, tesis) maupun untuk kepentingan pengembangan seperti penulisan opini di media massa dan penulisan jurnal.    

         Kegiatan ini menghadirkan para peneliti BRIN sebagai narasumber yaitu Dr Aji Sofanudin, Drs Mulyani Mudis Taruna, MPd; Drs H Wahab, MPd dan Dr Ahmad Muntakhib. Materi opini media massa disampaikan oleh bapak Dr Aji Sofanudin, materi kualitatif disampaikan oleh bapak Drs Mulyani Mudis Taruna, MPd;, dan materi kuantitatif disampaikan oleh bapak Drs H Wahab, MPd dan Dr Ahmad Muntakhib.    

         Karya tulis para santri bisa dilihat di Website PP Bina Insani. Beberapa karya tulis diantaranya Ikhtiar Debur Pada Karang karya Fitra Istianah Turrahman, Obesitas dan Penyakit Kronis karya Kharisma Alifatun Hidayah, Sifat Humanis Aparat dalam Penegakan Hukum di Masa Pandemi Karya Istifaroh, Puasa dan Organisasi Keagamaan dalam Sosiologi karya Dini Ayu Fitriani, dll.    

         “Saya sangat senang bisa mengikuti kegiatan ini, karna menurut saya pelatihan metodologi penelitian ini sangat penting untuk masa depan mahasantri khususnya tugas akhir kuliah”. Tutur Maulita Sekar Arum salah satu mahasantri PP Bina Insani Semarang.

Lebih baru Lebih lama